DATABASE MANAGEMENT FOR CRM
Database Management for CRM
Business intelligence in online customer textual reviews: Understanding consumer perceptions and influential factors
Business intelligence in online customer textual reviews: Understanding consumer perceptions and influential factors
Xun Xu,
Xuequn Wang, Yibai Li, Mohammad Haghighi
Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, pelanggan
tidak hanya berbelanja online-mereka juga memposting ulasan di media sosial.
Konten buatan pengguna ini (UGC) dapat berguna untuk memahami pengalaman
belanja pelanggan dan mempengaruhi niat pembelian pelanggan masa depan. Oleh
karena itu, intelijen bisnis dan analisis secara terus-menerus dianjurkan
sebagai cara untuk menganalisis UGC pelanggan di media sosial dan mendukung
aktivitas pemasaran perusahaan. Namun, karena strukturnya yang terbuka, UGC
seperti ulasan pelanggan dapat membingungkan untuk dianalisis, dan perusahaan
merasa sulit untuk memanfaatkan UGC. Untuk mengisi gap ini, penelitian ini
bertujuan untuk menguji kepuasan dan kepuasan pelanggan terhadap atribut produk
dan layanan hotel secara online. Studi kami mengidentifikasi atribut utama yang mendorong kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan terhadap produk dan layanan hotel dan menguji efek dari tujuan perjalanan, jenis hotel, tingkat bintang, dan rekomendasi editor mengenai persepsi pelanggan terhadap atribut produk dan layanan hotel. Kami menemukan empat atribut utama yang mendorong kepuasan pelanggan (yaitu, staf, ruang, lokasi, dan nilai), dan lima atribut utama yang mempengaruhi ketidakpuasan pelanggan (yaitu, nilai, ruang, staf, fasilitas dan fasilitas, dan masalah operasi). Selain itu, hasil kami menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dan ketidakpuasan terhadap atribut produk dan layanan berbeda secara signifikan di antara hotel dengan tingkat bintang yang berbeda. Studi kami memberikan kontribusi terhadap literatur BI & A dengan memberikan pendekatan penambangan teks dan regresi untuk menganalisis ulasan tekstual pelanggan secara online, sehingga memberikan wawasan bagi manajer bisnis untuk menggunakan ulasan tekstual pelanggan secara online dan menguji persepsi pelanggan.
Untuk membaca jurnal dengan lebih lengkap, dapat mengakses link berikut ini :
Comments
Post a Comment